Liburan Akhir Pekan, Kunjungi 6 Tempat Wisata Di Bandung

Bandung, sebuah kota yang terkenal akan kesejukan alam dan pemandangan pegunungan yang hijau merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan liburan tidak hanya bagi wisatawan lokal, tetapi juga turis asing.

Tidak hanya menjadi pusat seni dan pusat belanja, ternyata Bandung juga menawarkan wisata alam pegunungan yang indah.

  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman ini merupakan sebuah taman hutan yang cukup luas, luasnya hampir mencapai 600 hektar, membentang mulai dari Dago Pakar sampai dengan Maribaya Lembang.

Taman yang sangat luas ini mempunyai beberapa gerbang masuk, tetapi gerbang masuk yang paling mudah diakses adalah gerbang dari arah Dago Pakar.

Selain objek wisata penangkaran rusa tutul, di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini memiliki banyak objek wisata lainnya.

Yang pertama adalah Gua Jepang dan Gua Belanda. Masing-masing merupakan peninggalan masa penjajahan yang mana Gua Jepang dibangun pada tahun 1942 dan Gua Belanda dibangun pada tahun 1918.

Akses jalan di kedua gua ini cukup bagus dan Anda tidak akan kesulitan melewatinya. Yang kedua adalah curug (air terjun) Omas atau yang juga dikenal dengan nama curug Maribaya.

Jika Anda memasuki kawasan hutan melalui gerbang Dago Pakar, Anda harus melewati jarak 5-6 kilometer untuk sampai ke curug ini. Akses terdekat adalah dengan masuk melalui gerbang Maribaya.

Ketinggian air terjun yang merupakan pertemuan dari Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung ini mencapai 30 meter. Anda juga dapat melakukan hiking ringan di dalam kawasan taman di jalur yang telah disediakan.

Nama dan Alamat

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kampung Pakar Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan.

  1. Tebing Keraton

Sebuah tempat yang tentunya tidak asing bagi para wisatawan yang update dengan sosial media yang bahkan dinamakan ‘Tebing Instagram’.

Tebing Keraton adalah sebuah tebing dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan yang mana dari tempat ini, Anda dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa indah.

Tebing yang namanya mulai dikenal oleh masyarakat luas pada tahun 2014 ini merupakan sebuah bukit dengan tebing yang terjal yang langsung berhadapan dengan Taman Hutan Raya Djuanda dengan latar belakang Gunung Tangkuban Perahu.

Pengalaman memandang hamparan Tahura Djuanda yang luas ini akan menjadi lebih spesial jika Anda datang pada saat matahari terbit dengan ditemani oleh kabut di pagi hari atau matahari terbenam dengan ditemani oleh langit senja.

Pengunjung seringkali mencari spot yang paling indah untuk mengabadikan momen tersebut. Namun perlu diingat bahwa berfoto di luar dari pagar pengaman adalah suatu tindakan yang dapat membahayakan nyawa Anda.

Sebaiknya, Anda pun tidak mengunjungi tempat ini jika membawa anak kecil.

Penasaran dengan tebing yang populer di Instagram ini? Jika Anda berkunjung ke Bandung jangan lupa mengunjungi tempat ini.

Nama dan Alamat

Tebing Keraton (Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda), Kampung Pakar Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan.

  1. Kebun Binatang

Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang selalu ramai pengunjung. Kebun Binatang yang dulunya dinamakan Bandung Zoological Park ini telah berdiri dari tahun 1930.

Luas keseluruhan area kebun binatang ini adalah 13,6 hektar dengan total 213 jenis fauna di mana 134 merupakan satwa tidak dilindungi dan 79 di antaranya merupakan satwa yang dilindungi.

Kebun binatang ini terletak berdampingan dengan Sungai Cikapundung dan kampus ITB (Institut Teknologi Bandung).

Banyak sekali objek wisata di dalam kebun binatang yang satu ini, misalnya objek wisata air di mana Anda dapat menaiki sepeda air atau bebek kayu di kolam sembari mengelilingi sebuah daratan yang merupakan tempat monyet berkeliaran dan bermain.

Selain itu, Anda dan anak Anda dapat menunggangi hewan seperti unta, kuda atau gajah.

Selain fauna, di sini juga terdapat beragam flora yang selain berfungsi sebagai objek wisata, juga berfungsi sebagai paru-paru kota Bandung dan melindungi fauna yang ada dari sinar matahari serta melindungi tanah dari air hujan.

Dengan adanya kebun binatang ini, Anda dan keluarga akan belajar banyak mengenai fauna dan flora serta cara yang tepat untuk menjaga, merawat dan melestarikan suaka margasatwa tersebut. Oleh karena itu, Anda akan menemui rombongan pelajar yang mengunjungi kebun binatang yang satu ini.

Selain sebagai wisata edukasi, Anda pun dapat menjadikan kebun binatang ini sebagai wisata rekreasi dengan menikmati pepohonan yang rindang dan pemandangan danau sembari berpiknik bersama keluarga Anda.

Nama dan Alamat

Kebun Binatang Bandung, Jalan Kebun Binatang No 6 Tamansari.

  1. Hutan Kota Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi atau yang sering disebut dengan nama baksil adalah sebuah taman kota yang dapat menjadi alternatif hiburan alam di Bandung yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda (dahulu dikenal dengan nama Lebak Gede).

Luas area Babakan Siliwangi adalah sekitar 3,8 hektar dan area ini merupakan bentukan alam dari Sungai Cikapundung.

Setelah melalui proses yang panjang dan rumit, akhirnya pada tanggal 27 September 2011, PBB menyatakan bahwa Babakan Siliwangi merupakan salah satu hutan kota dunia dan dua tahun setelahnya, tempat ini resmi dikelola oleh pemerintahan Bandung dan masyarakat bebas mengunjungi tempat ini.

Di sini, pengunjung dapat dengan bebas melihat habitat para satwa yang hidup bebas dan keanekaragaman ekosistem.

Karena Babakan Siliwangi terbuka untuk umum, tempat ini sering dijadikan tempat untuk mengadakan kegiatan. Misalnya lomba membuat sarang atau kandang burung bagi burung yang berkeliaran di tempat ini atau seringkali juga terdapat kegiatan lomba kesenian.

Bahkan masyarakat Bandung pun memilih tempat ini sebagai tempat berolahraga karena pemandangan yang asri dan pepohonan yang rindang.

Di dalam hutan ini terdapat fasilitas forest walk, sebuah jalur yang didesain khusus untuk para pengunjung agar dapat dengan mudah menjelejahi kawasan hutan. Bagi Anda yang lelah berjalan atau mendaki tangga forest walk tersebut, Anda dapat berhenti untuk menikmati camilan di warung-warung yang ada di dalam kawasan hutan.

Selain itu, Anda pun dapat mengunjungi salah satu sanggar kreasi seni yang tempatnya tidak jauh dari tangga untuk naik ke forest walk.

Nama dan Alamat

Hutan Kota Babakan Siliwangi, Jalan Siliwangi No 7 Lb. Siliwangi Coblong.

  1. Arung Jeram Cikapundung

Difasilitasi oleh aliran Sungai Cikapundung yang deras, Anda akan diajak untuk menikmati wisata alam di sepanjang Sungai Cikapundung sembari melakukan olahragarafting atau arung jeram.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda dapat bermain river board, sebuah papan yang didesain untuk perorangan yang terbuat dari karet di mana Anda akan mengapung di atas papan karet tersebut dan mengikuti arus sungai.

Track yang digunakan untuk arung jeram dan river board ini berjarak total 4 kilometer dan dimulai dari Kampung Padi sampai dengan dekat pintu air PDAM Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) di Jalan Siliwangi.

Tentunya berbeda dengan arung jeram buatan, di sini sepanjang jalur arung jeram, Anda dapat menikmati pemandangan hutan dengan pepohonan tinggi seperti pohon Loa.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan air di jalur ini karena jalur ini jauh dari pemukiman warga sehingga masih bersih dan tidak ada sampah yang mengambang atau tersangkut di bebatuan.

Nama dan Alamat

Arung Jeram Cikapundung, Sungai Cikapundung.

  1. Kampung Batu

Di dalam Kampung Batu, Anda akan menemukan berbagai wisata mulai dari wisata bermain yang menantang adrenalin hingga aktivitas seru yang mendekatkan Anda dengan alam dan memperkenalkan Anda dengan budaya Sunda.

Di dalam Kampung Batu ini, terdapat 30 ekor Rusa Totol beserta hewan kecil lainnya seperti kelinci dan marmut yang dapat Anda lihat.

Aktivitas outbound seperti flying foxloop bridge atau panjat dinding dapat Anda temukan di dalam tempat wisata yang satu ini.

Salah satu wahana yang paling terkenal di sini adalah Tektona Waterpark, sebuah wahana air yang unik di mana Anda dan anak-anak dapat bermain bersama.

Tidak hanya sebuah kolam renang biasa, Tektona Waterpark pun dilengkapi dengan fasilitas wahana modern seperti Kolam Ombak, Kolam Arus, Semi Olympic dan masih banyak lagi.

Di dalam Kampung Batu ini terdapat sebuah danau besar yang mana Anda dapat melakukan kegiatan seperti memancing, berkeliling dengan menggunakan perahu serta memberikan makan kepada unggas.

Selain beternak, Anda pun dapat melakukan aktivitas bertani dan berkebun. Tentunya jika keluarga Anda telah lelah bermain, Anda dapat makan di Restoran Dapur Neng, sebuah restoran yang menyediakan menu makanan khas Jawa Barat dengan harga yang terjangkau.

Nama dan Alamat

Kampung Batu Malakasari, Jalan Raya Banjaran (Rencong) Desa Malakasari Kec. Baleendah Kab. Bandung Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *